Rabu, 24 Januari 2018

Mobil Panther Jalan Tersendat-sendat, Kuras Tangki Solar

Mobil jenis Panther 2,5 Tahun 2000 beberapa kali ngadat, jalan tersendat-sendat bahkan pernah sampai mesin mati. Penyebabnya sedimenter dan filter solar

Gambar 1
Kotoran yang menyumbat saluran BBM pada Sedimenter dan Filter Solar

tersumbat kotoran dari tangki solar, setelah dibersihkan bisa jalan lagi, tapi tidak lama kemudian ngadat lagi seperti itu. Padahal tangki BBM belum ada setahun dikuras.
Demi keamanan dan kenyamanan, tanggal 6 Januari 2018 tangki BBM saya kuras kembali di sebuah bengkel mobil.
Solar dikuras, kurasan terakhir kotoran seperti pada Gambar 1 keluar hampir setengah ember ukuran kurang lebih 3 liter, berarti 1,5 liternya kotoran tersebut.
Kotoran pada Gambar 1, seperti lumpur dari daun yang membusuk tetapi jika dipenyet dengan jari tidak licin dan tidak membekas di jari.
Tangki dilepas, dibersihkan dengan air sabun dikocok-kocok dengan diberi pasir/kerikil. Kotoran yang menempel di dalam dinding tangki lepas semua, hingga tangki bersih.
Saya meminta bagian yang tempat mengisi BBM (mulut tangki) juga dilepas untuk dibersihkan, karena biasanya kalau membuka tutup tangki, nariknya agak susah, seperti ada yang menyedot dari dalam (tangki hampa udara), saat berhasil dibuka akan terdengar suara joosss...


Gambar 2
Mulut Tangki dan Tutupnya


Gambar 3
Mulut Tangki yang dilepas dari dudukannya

Ternyata disebabkan lubang-lubang saluran (ada  lubang yang menhubungkan 2 pipa seperti pada Gambar 3) tersumbat oleh kotoran bentuknya seperti minyak goreng yang membeku.


Gambar 4
Semacam Filter Satu Arah

Terdapat semacam filter yang fungsinya untuk apa, saya tidak tau, yang jika ditiup angiinya hanya bisa keluar satu arah (sesuai arah panah pada Gambar 4)

Selang-selang saluran BBM disemprot dengan kompresor. Sedimenter dibersihkan, dan filter solar diganti yang baru.
Setelah semua proses itu dilakukan, mobil berjalan lancar kembali. Kalau di tanjakan sudah tenang.

19 komentar:

  1. Terima kasih postingannya, sangat bermanfaat buat saya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bang klu salah apakah pd gambar itu terbalik seharusnya tanda panah pada filternya yg arah ke tangki? Mohon infonya

      Hapus
  2. Thanks, yups..baru saja saya lakukan pembersihan Tanki solar panther 1997 saya. Material kotoran sama persis yg ditunjukkan pada gbr di atas.

    BalasHapus
  3. bagus ,... sangat bermanfaat. terimakasih

    BalasHapus
  4. Saya sdh nguras tanki.lalu ganti filter dan bersihin pompa solar nya tapi mobil panther saya masih drop di putaran atas atau brebet. Apakah bospom nya bermasalah ...? Mohon petunjuk..👃👃.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Servis filpom nya mas, lumayan jugak tu biayanya klu filpomnya kenak

      Hapus
  5. Panther saya 95 / 2300. Di corong pengisian solar ke tanki bermasalah jadi waktu pengisisn solar nozel spbu di colokin ke corong langsung solar nyembur keluar dan kalo ngisi harus di pegangi nozel spbu isi pelan pelan dan tidak bisa dilepas. Yg tau masalah ini mohon solusinya panther mwnia. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di mulut tangki kan ada 3 selang hawa/udara paling kecil , selang solar sedang itu kalo di tangki full sampe keluar corong masuk nya ksitu dan selang solar besar itu yg biasa di colokin buat isi solar.itu selang solar sedang nya yg kotor bang.lepas aja di sodok di bersihin pake kawat.

      Hapus
  6. Maaf Gan, klw di panther Royale 97 pnya sy,yg gambar nmr 4 klw ditiup ko bkn ke arah panah y, tp sebaliknya. Apa sy slh pasang? Mohon petunjuk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah betul itu om..di gambar salah itu malah terbalik..seharusnya malah nyedot angin

      Hapus
  7. Saya punya punya panther THN 2000.
    Asal di gas tinggi merepet, nggak ada tenaga, padahal pump nya baru di bagus ganti rotor semua, dan nozzle nya udah di bersih kan, kira kira apa penyebab nya gak ada tenaga terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba filter udara nya bang
      biar lebih ngacir pakai open filter bang

      Hapus
  8. Mas mbil saya klu di tutup selang minyak balik. Tidak merebet.. Tapi klu d lepas merembet lagi. Apa solusi nya ya mas.

    BalasHapus
  9. nama nya apa filter hawa yg warna biru

    BalasHapus
  10. filter yg warna biru apa nama nya, kalo diganti sama filter bensin bisa ga

    BalasHapus
  11. Fungsi selang pernafasan seperti PD gambar 4 apa??
    Nyedot udara apa mengeluarkan udara.

    BalasHapus