Rabu, 24 Januari 2018

Api Water Heater Menyala Terus walaupun Air Sudah Dimatikan

Hal ini terjadi setelah pemasangan tandon air. Karena belum punya pengalaman memperbaiki water heater, saya berniat memanggil teknisi yang dulu memasang water heater ini, besok pagi. Tapi malamnya iseng-iseng saya bongkar-bongkar sendiri water heaternya.



Gambar 1
Water Heater (WH)




Gambar 2
WH Dilepas dari Dudukannya




Gambar 3
WH Dilepas Tutupnya


Gambar 4
Magnetic Switch (Hitam-hitam ada kabelnya)

Pada saat WH diputar-putar bagian atas kebawah dan sebaliknya, terdengar bunyi ceklek..ceklek.. seperti kalau mau menyalakan WH nya. Setelah ditelusuri ternyata suara itu berasal dari benda hitam yang menempel di pipa saluran masuk air (Gambar 4),setelah saya cari di mbah Google ternyata namanya magnetic switch gas low pressure yang artinya kurang lebih saklar magnetik gas tekanan rendah. Rupanya alat tersebut yang mengatur buka tutupnya gas jika ada air mengalir dan jika air berhenti mengalir. Terus apa yang menyebabkan saklar tersebut bisa membuka-menutup?




Gambar 5
Inlet dan Outlet WH

Ternyata di dalam saluran water inlet ada benda seperti peluru yang naik turun saat WH diputar-putar tadi.



Gambar 6
Benda seperti peluru di saluran water inlet

Apa isi benda ini? 


Gambar 7
Benda tersebut dibongkar

Ternyata isi benda tersebut didalamnya ada magnet (yang terlihat kotak pada Gambar 7). Berarti cara kerjanya, jika ada aliran air, benda ini akan terdorong ke atas sejajar dengan saklar magnetik sehingga medan magnetnya menyebabkan saklar menutup dan katup gas terbuka dan menyalakan pemantik api sehingga gas terbakar (di kontrol secara elektronis).

Dari sini dianalisis penyebab mengapa api menyala terus walaupun aliran air sudah dimatikan. Dugaan saya adalah ada sesuatu yang menyebabkan benda serti peluru itu tidak mau turun lagi. Saya cari-cari, akhirnya ketemu juga. Inilah penyebabnya: ada butiran-butiran bekas gergajian pipa pralon yang mengganjal dan menahan benda seperti peluru itu, sehingga tidak mau turun. Dugaan kuat ini karena ada butiran-butiran putih bekas gergajian pipa pralon di bawah WH dekat water inlet. Butiran-butiran ini ada karena baru saja dilakukan pemasangan pipa pralon tandon air. Butiran itu ada yang jatuh kedalam tandon air, sehingga saat diisi air pertama kali, butiran itu masuk ke dalam pipa pralon.

Setelah saluran water inlet dibersihkan dari butiran-butiran, akhirnya WH pun dapat berfungsi normal seperti sedia kala dan tidak jadi memanggil teknisi.

Ini namanya iseng-iseng berhadiah..hehe

Alhamdulillah perbaikan sukses.






9 komentar:

  1. Kalau pemantik menyala terus...kenapa ya?

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat pengalaman sharingnya gan....krna saya juga punya permasalahan yg sama tp alhamdulillah sdh teratasi

    BalasHapus
  3. Pengalaman yg sangat bermanfaat. Terima kasih telah membagikan, sehingga saya yg mempunyai masalah yg sama terhadap water heater saya dapat saya atasi sediri dan water heater saya sudah berfungsi sebagai mestinya, Smoga Tuhan mencatat sebagai amal baik anda kpd sesama.

    BalasHapus
  4. Terima kasih ilmunya sangat membantu

    BalasHapus
  5. Mantap, sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat, barusan bongkar. krn msh pagi gbs lihat. saya kira fixed ternyata msh bisa ditarik. thx mas 👍✨

    BalasHapus